PROJECT WEB IOT SYSTEM MONITORING PANEL PLTS (SIMONEL)

 



Website IoT System Monitoring Panel SIMONEL adalah website interaktif yang dibangun untuk memonitoring nilai output dari sensor Microinventer PLTS secara realtime, efisien, dan cepat. Website ini menyediakan visualisasi data dalam bentuk grafik rata-rata dan tertinggi untuk memudahkan pengguna dalam memantau daya output yang dihasilkan oleh sensor PLTS per harinya kapan saja dan dimana saja.

Hal penting yang di utamakan pada website SIMONEL ini adalah Nilai Output yang dihasilkan dari masing-masing Microinventer, yaitu :
  • Tegangan (Voltage)
  • Arus (Current)
  • Daya Nyata (Real Power)
  • Daya Semu (Pseudo Power)
  • Daya Reaktif (Reactive Power)
Semua nilai output diatas dikirim dari Microinventer dengan transmisi nirkabel frekuensi 915 MHz menggunakan LoRa kemudian disimpan ke dalam database yang berada di web hosting.

Semua nilai output yang tersimpan di dalam database kemudian divisualisasikan dalam bentuk grafik real-time rata-rata dan tertinggi dari data yang didapat pada hari itu juga agar dapat di monitoring hasilnya.

Teknologi yang digunakan dalam pembuatan program website ini melibatkan beberapa bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Javascript, dan PHP MySQL sebagai sistem utama frontend dan backend.

Pada dasarnya, ini adalah proyek kolaborasi Praktek Magang antara jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dengan Teknik Elektronika Industri (TEI) SMK NEGERI 1 NGLEGOK di bawah bimbingan PT. TEKNOLAB CARAKA INTERNASIONAL.

Beberapa kontributor yang terlibat dalam proyek Sistem Monitoring Daya Microinventer pada Pemanfaatan Renewable Energy Berbasis PLTS menggunakan Metode Telemetri LoRaWAN dengan Internet of Things (IoT) ini adalah :
      1. Bapak Elga Aris Prastyo, S.Pd., S.E sebagai Direktur utama PT. TEKNOLAB CARAKA INTERNASIONAL
      2. M. Niko Nur Cahyono (TEI)
      3. Evan Kamalludin (TKJ)
      4. Handi Prayoga (TEI)
      5. Tegar Dwi Arbiantoro (TKJ)

Terimakasih untuk semua pihak yang sudah mendukung dan terlibat dalam proyek ini sehingga proyek ini dapat berjalan dengan lancar.

Berikut adalah link dari alamat website SIMONEL

1 komentar:

Pages